Alasan Barcode Bagasi Pesawat Harus Disobek

Barcode Bagasi Berisi Data Pribadi

Banyak orang yang tidak awas dengan penggunaan barcode bagasi pesawat, seperti menyimpannya dalam waktu lama, atau membuangnya sembarangan. Padahal, banyak hal yang membuat barcode bagasi bisa disalahgunakan, seperti yang dirilis oleh grunge.com, Rabu (7/6/2017). Barcode bagasi biasanya diberikan kepada penumpang yang memasukkan barang-barangnya dalam bagasi pesawat

Ternyata, barcode bagasi menyimpan berbagai informasi penting dari penumpang. Mulai dari identitas penerbangan, nomor paspor, alamat rumah, hingga informasi tambahan lain. Seperti, apakah Anda anggota berlangganan maskapai atau tidak, sampai tingkat keamanan penumpang.

Tidak mencopot barcode lama akan membuat risiko kehilangan bagasi semakin besar. Hal ini karena informasi yang tertera ganda, sehingga ada kemungkinan mesin membaca barcode yang lama. Karena itulah, petugas di bagian tiket biasanya akan mengganti langsung barcode bagasi Anda.

Selain itu, ada ancaman keamanan data dari orang lain ketika Anda berada di bandara. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengambil gambar barcode, dan mengambil data pribadi Anda. Untuk itu, pastikan Anda menyobek barcode bagasi ketika sudah sampai di tempat tujuan agar perjalanan makin aman dan selamat.

Komentar

Postingan Populer