7 Hal yang Harus Dipertimbangkan untuk Optimalkan Hasil Investasi Rumah Kontrakan

Berdasarkan data yang dihimpun pemerintah, Indonesia masih mengalami backlog, terutama di ibukota. Kesenjangan antara kebutuhan dengan ketersediaan rumah ini membuat banyak masyarakat bawah mencari rumah dikontrakkan di Jakarta, rumah kos-kosan, hingga rumah jual murah untuk memenuhi kebutuhan primer yang satu ini.

Sebagian orang yang lebih mapan dengan penghasilan tetap pun seringkali masih kesulitan untuk mendapatkan properti pribadi ini. kondisi ini dapat dijadikan peluang untuk Anda yang ingin memulai bisnis properti di bidang rumah kontrakkan. Lantas apa saja hal-hal yang harus dipertimbangkan agar hasil investasinya optimal? Berikut penjabarannya.  

Rumah Dikontrakkan Di Jakarta




1          Berada di Kawasan Industri
Jakarta memiliki banyak kawasan yang sedang berkembang, terutama kawasan industrinya, seperti industri makanan dan minuman, konveksi (pakaian), properti itu sendiri, hingga lainnya yang ditandai dengan banyak dibangunnya pabrik industri. 

Keberadaan pusat-pusat perekonomian, komersil, serta pemukiman baru mampu menambah panjang jalinan rantai ekonomi dan bisnis di daerah kawasan industri ini dengan peran penting yang dipegang para karyawan pabrik. 

Karyawan pabrik mendapatkan gaji atau upah yang kemudian dialokasikan untuk berbagai macam pengeluaran, seperti tiga kebutuhan pokok (makanan, pakaian, dan tempat tinggal). Kebutuhan akan tempat tinggal inilah yang dapat dijadikan peluang untuk Anda memulai bisnis rumah kontrakan.

2          Membandingkan Harga Tanah
Langkah ini merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam investasi rumah kontrakan. Cari harga tanah yang relatif rendah karena harga tanah berpengaruh pada pengeluaran modal Anda. Semakin kecil modal, maka semakin besar kemungkinan untuk Anda memperoleh kembali modal (ROI).
Anda bisa memperoleh informasi harga tanah dari banyak informasi seperti dari orang lain, melalui bursa tanah, pameran pertanahan, internet, atau sumber lainnya. Semakin teliti Anda mencari dan mengumpulkan data harga-harga tanah, maka akan semakin mudah Anda mendapatkan harga tanah terbaik.

3          Membandingkan Rate
Perkirakan harga sewa rumah dikontrakkan di Jakarta yang akan Anda sewakan per bulan atau per tahun nantinya. Lalu sesuaikan dengan pengeluaran yang akan Anda keluarkan saat transaksi jual beli tanah. Pertimbangkan untuk membangun rumah kontrakan di daerah dengan rate tinggi, meski faktor ini bukan yang utama untuk optimalkan capital gain (keuntungan) Anda.

4          Memprediksi Masa Depan
Buat rancangan masa depan kontrakan yang akan Anda bangun dan kembangkan dengan berusaha memprediksi perkembangan lokasi yang Anda survei beberapa tahun ke depannya. Caranya dengan melihat pembangunan infrastruktur, tingkat kegiatan ekonomi, serta rencana pemerintah yang lainnya terkait properti berupa kontrakan rumah.
Prediksi pula jumlah generasi dewasa awal dan dewasa muda usia produktif sekaligus usia menikah yang cenderung membutuhkan tempat tinggal untuk keluarga kecil mereka. Ketersediaan dana yang belum mencukupi untuk membeli rumah membuat kontrakan Anda menjadi pilihan hunian mereka.

5          Melakukan Survei Lokasi
Lakukan survei lokasi, karena lagi-lagi, faktor inilah yang paling dicari dan diandalkan calon penyewa rumah. Ya, lokasinya harus nyaman, sedang berkembang, serta strategis. Jika dijabarkan, kriteria ini meliputi keterjangkauannya dengan alat transportasi umum, pasar, rumah sakit atau puskesmas, serta fasilitas umum lainnya.
Kemudian yang terpenting adalah lokasinya yang dekat dengan tempat kerja mereka. Beberapa survei menunjukkan bahwa sebagian orang lebih memilih rumah kontrakkan yang lokasinya dekat dengan tempat kerja meski agak mahal daripada jauh dari tempat kerja tapi lebih murah.
Langkah ini memang memerlukan perjuangan dari segi waktu, tenaga, maupun uang. Anda bahkan bisa bolos atau izin kerja untuk melakukannya. Namun mengingat pendapatan pasif yang akan mengatasi masalah fianansial Anda di masa mendatang, maka Anda harus bersabar diri menjalaninya.

6          Merancang Denah Kontrakkan
Buat Rencana dengan matang dengan merancang denah kontrakkan. Misalnya rumah kontrakkan untuk karyawan pabrik dibuat dengan model rumah petak, sedangkan untuk mahasiswa cenderung lebih baik karena didesain menyerupai rumah dengan halaman cukup luas di depannya.
Pertimbangkan untuk menyediakan fasilitas eksterior sebagai penunjang kegiatan mereka di luar rumah kontrakkan yang meliputi tempat parkir, tumbuhan hijau, serta ruang terbuka untuk interaksi para penghuninya, mirip dengan kontrakkan yang disediakan untuk pelajar dan mahasiswa.

7          Ketersediaan Energi (Listrik dan Air)
Salah satu faktor penting yang dapat menarik penyewa adalah ketersediaan energi dan air. Lingkungan yang sering mengalami pemadaman listrik serta aliran air dari PDAM yang tersendat seringkali membuat penyewa memilih pindah ke kontrakan lain yang kedua sumber energinya ini lebih baik, meski harga sewanya lebih mahal.
Jadi agar pemasukan atau hasil investasi kontrakkan Anda lebih optiml, cari informasi seakurat mungkin tentang ketersediaan listrik dan air ini sebelum memutuskan untuk membuka bisnis kontrakan di Jakarta.
Kepentingan penyewa kontrakan merupakan hal yang harus Anda utamakan. Namun tetap pastikan Anda mendapatkan capital gain lebih tinggi daripada kerugian akibat perawatan dan pembiayaan listrik yang sering mengalami kenaikan harga.

Setiap pintu kontrakan yang Anda miliki merupakan income generator (mesin pendulang uang) yang harus Anda optimalkan capital gain-nya. Namun untuk itu, Anda perlu juga mengoptimalkan pelayanannya dengan mempertimbangkan 7 hal di atas. Pilih juga forum jual beli tanah yang murah dari banyak referensi. Selamat berinvestasi rumah kontrakan!

Komentar

Postingan Populer