Membangun Usaha Kecil Dengan Modal Minim


Di era digital ini banyak cara untuk membangun usaha kecil menengah dengan modal minim. Kita bisa mengandalkan media sosial seperti facebook, twitter hingga instagram. Dengan memanfaatkan media ini kita menjadi bisa mengenalkan produk ke seluruh orang di dunia. Berbagai produk bisa dipasarkan hanya dengan bermodalkan internet. Baik produk makanan, handphone, produk elektronik dan juga fashion. 

Namun, kita juga harus memikirkan banyak hal untuk mulai membangunnya. Anda harus menentukan konsep seperti apa bisnis yang Anda jalankan nanti. Pondasi yang bagaimana nantinya usaha Anda itu dan yang tak kalah pentingnya adalah modal. Anda bisa mendapatkan modal dari menabung, pinjam uang orang terdekat atau lembaga keuangan. Tapi, bersamaan dengan memikirkan modal, pikirkan juga beberapa hal berikut ini! 

Klarifikasi konsep Anda
Apa produk yang ingin Anda jual dan bagaimana perusahaan Anda akan memasarkannya. Bagaimana perusahaan Anda akan berfungsi dari sudut pandang pengguna atau konsumen. Lalu, garis besar apa yang perlu Anda lakukan untuk menciptakan identitas perusahaan. Jadilah sedetail mungkin dan pastikan strategi usaha yang diuraikan tidak memerlukan jumlah uang yang banyak untuk dilakukan.
Lakukan riset pasar
Langkah berikutnya dalam membangun usaha kecil menengah, Anda sangat perlu untuk melakukan riset pasar. Berjalanlah di pasar sasaran Anda melalui visi Anda. Perhatikan umpan balik mereka dan cari pola. Konsep Anda mungkin membuat ribuan akal di pikiran Anda, tapi mungkin tidak masuk akal bagi pelanggan. Jika mereka tidak mengarti atau melihat nilai di dalam produk yang Anda hasilkan nanti, kemungkinan mereka tidak akan membeli produk Anda. 

Ciptakanlah brand dan buatlah toko Anda
Setelah melakukan riset pasar, langkah selanjutnya adalah penting bagi pelaku usaha kecil menengah untuk segera bertindak. Segera mewujudkan usahanya dengan menciptakan brand atau merek dari produk yang akan dijual. Selain itu, Anda pun perlu membuat suatu logo yang tepat untuk produk Anda. Brand, merek dan logo merupakan cara tepat untuk membuat produk atau perusahaan Anda mudah dikenal banyak orang.
Lakukan analisis kompetitif

Lakukan analisa ke luar, perhatikan perusahaan apa yang menggunakan model bisnis serupa dan bagaimana mereka menyusun perusahaan dan layanan mereka? Apa perusahaan di tempat Anda saat ini, dan apa yang membedakan perusahaan Anda dari perusahaan mereka? Lakukan penelitian sebanyak mungkin, dan gunakan pengetahuan itu untuk membangun konsep usaha kecil menengah yang Anda jalankan. 


Belajar dan terus belajar
Meski Anda bukan lulusan fakultas bisnis, bukan berarti tidak mengerti bagaimana menjalankan usaha kecil menengah dengan sukses. Anda tetap bisa belajar melalui buku, di internet atau pengalaman orang lain. Anda bisa mempelajari bisnis secara otodidak dengan cara yang Anda sukai. 

Penelitian untuk mengurangi biaya usaha
Untuk menghabiskan uang sesedikit mungkin sejak dini, bandingkan biaya semua layanan yang perlu Anda gunakan. Mungkin Anda tidak perlu membuat website sendiri yang memerlukan biaya yang mahal. Anda bisa menggunakan situs ecommerce yang menjadi perantara penjual dan pembeli. Dengan memanfaatkan situs-situs yang ada, Anda bisa mengurangi biaya pengembangan bisnis UKM. 

Mulai memanfaatkan jaringan sosial
Anda bisa membangun pengikut Anda tanpa mengeluarkan uang. Mintalah semua teman dan keluarga Anda untuk mulai mengikuti jaringan sosial Anda. Beri mereka pembaruan tentang kemajuan usaha Anda. Beri mereka insentif seperti kode promo untuk produk Anda yang akan datang, untuk menarik perhatian teman-teman mereka juga. 

Itulah langkah-langkah membangun usaha kecil menengah yang bisa menjadi panduan Anda untuk sukses.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer