Breaking

Sabtu, 14 April 2018

4 Jenis Freon AC dan Perbedaannya yang Perlu Anda Tahu

Anda memakai AC di rumah? Tahukah Anda kalau AC menggunakan freon untuk bisa mendinginkan ruangan Anda? Ada banyak jenis freon AC yang biasanya digunakan dalam hal ini. Sebelum membelinya, Anda wajib tahu perbedaan dari masing-masing freon tersebut. Lalu, apa saja jenis dari freon AC dan apa saja pembedanya? 

Freon AC
1. R22
Jenis freon yang pertama adalah R22. AC ini memiliki tingkat ODP atau Ozone Depletion Potential atau potensi perusakan ozon sebesar 0,5. Lalu, potensi pemasan globalnya ada di kisaran 1810 dan index dinginnya adalah 100. Keunggulan dari jenis freon yang satu ini adalah tidak mudah terbakar dan terbukti aman untuk digunakan.

2. R410A
Jenis freon berikutnya yang biasa dipakai AC adalah R410A. Freon AC jenis ini memiliki potensi perusakan ozon 0 namun potensi pemanasan globalnya sangat tinggi, yakni 2090. Sedangkan untuk index dingin, freon AC yang satu ini ada di level 92. Freon yang satu ini juga relatif aman karena tidak mudah terbakar saat digunakan.

3. R32
Jenis freon AC yang satu ini adalah jenis yang paling sering ditemukan pada AC di pasaran. Ada banyak alasan penggunaannya. Salah satunya adalah potensi perusakan ozon yang 0 dan potensi pemanasan global yang juga rendah. Hanya 675. Sedangkan untuk indeks dingin, freon ini paling tinggi, yakni 83. Freon ini juga aman karena tidak mudah terbakar.

4. R290
Jenis freon terakhir adalah R290. Jenis yang satu ini termasuk yang jarang digunakan. Padahal, tingkat perusakan ozonnya 0 dan tingkat pemanasan globalnya juga kurang dari 3. Hanya saja, indeks dinginnya sangat rendah. Hanya ada di angka 83. Selain itu, jenis ini juga memiliki potensi terbakar yang paling tinggi di antara jenis freon yang lainnya.

Nah, Anda memilih AC dengan freon yang mana? Kalau saya sih yang R32 karena relatif aman. Bila terjadi masalah pada AC yang saya gunakan, misalnya saja kurang dingin, biasanya saya akan memanggil jasa tukang AC CMS MAINTENANCE yang terbukti mampu bekerja dengan baik memperbaiki AC yang bermasalah di wilayah Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar