Breaking

Senin, 30 April 2018

Ketahui 4 Cara Sehat untuk Mencegah Keputihan Wanita

Keputihan wanita berisiko saat mengalami mengalami stres, kecapekan, pola hidup tidak sehat, makan-makanan yang sembarangan, dan terlebih bagi yang terkena penyakit seksual. Keputihan yang terus menerus dan berlangsung lama merupakan salah satu bagian infeksi dan gangguan kesehatan pada bagian vagina. Ini cara mencegah terjadinya keputihan yang bisa dilakukan.  

Keputihan Wanita

1.    Menjaga Vagina
Infeksi dapat dicegah paling utama dengan menjaga kebersihan vagina. PH vagina adalah 3,8 hingga 4,5 sehingga tidak baik untuk dicuci menggunakan sabun mandi yang biasanya memiliki pH 7 sampai 8.  Saat membersihkan vagina gunakan sabun yang tidak memiliki bau dan aroma.  


Saat mengalami menstruasi, jaga kebersihan vagina Anda dengan mengganti pembalut secara berkala, pastikan tidak merembes kemana-mana. Setelah buang air besar dan kecil, lap vagina menggunakan tisu bersih. Dimulai dari bagian depan ke belakang vagina hingga anus untuk menghindari bakteri yang menempel. 


2.    Gunakan Pakaian Dalam yang Nyaman
Pakaian dalam merupakan pelindung vagina Anda dari terkenanya bakteri secara langsung. Namun, memakai pakaian dalam yang salah akan menjadi penyebab resiko terjadinya infeksi bakteri yang menimbulkan keputihan.  


Anda perlu memilih pakaian dalam yang berbahan katun sehingga vagina bisa bernafas dengan mudah dan tidak pengap. Vagina juga sesekali perlu diberikan ruang untuk bernafas yang bisa Anda lakukan dengan tidak memakai pakaian dalam saat tidur di malam hari. Hal ini akan membantu untuk menurunkan terjadinya infeksi dan iritasi di sekitar vagina. 


3.    Pemeriksaan Serviks Rutin
Pemeriksaan serviks rutin ini perlu dilakukan bagi wanita yang telah menikah dengan usia mulai dari 25-64 tahun. Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk mendeteksi apakah terjadi kondisi perubahan abnormal pada bagian leher rahim, jika terdapat tanda-tandanya bisa segera diatasi sebelum semakin parah.   


4.    Konsumsi Makanan yang Sehat
Pola makan yang sehat merupakan cara untuk menghindari segala bentuk penyakit termaksud juga keputihan wanita ini. Konsumsi makanan sehat dan cairan yang cukup dapat menjaga kesehatan reproduksi Anda. Contoh makanan atau minuman yang dapat mencegah tumbuhnya bakteri pada vagina adalah jus dan yogurt. 


Jika keputihan yang terjadi semakin mengganggu, terasa gatal, menyebabkan ruam juga iritasi segera temui dokter untuk melakukan pemeriksaan. Anda bisa datang ke http://klinikpandawajakarta.com/ untuk mendapatkan penanganan yang terbaik dan memuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar