Breaking

Senin, 08 April 2019

Rahasia Managemen Bisnis Bengkel agar omzet terus melonjak

Sebenarnya untuk membuat bisnis bengkel agar beromzet bagus itu gampang-gampang susah, gampang dikatakan susah dikerjakan. Namun bukan berarti tidak bisa dilakukan.
Kalo sudah terjun kebisnis ini, memang awalnya akan jungkir balik apalagi kalo salah dalam membuat keputusan, namun kalian harus tetap santai. Karena bisnis otomotif ini masih sangat besar prospek kedepannya.  


Bengkel Online Downloadicus
Gambar Bengkel Online : Supercar.id

Nah agar bisa membuat omzet bengkel terus naik, berikut beberapa tips managemen yang harus lakukan di bengkel kalian.

1.    Sumber Daya Manusia
Salah satu hal penting dalam usaha jasa adalah skill. Bicara soal bengkel skill keahlian montir memperbaiki kendaraan adalah jualan uatama dari usaha jasa bengkel. Kalian harus memikirkan berapa montir yang harus dipersiapkan di bengkel anda, seberapa ahli montir yang bekerja pada kalian. Jangan sampai bengkel kalian mendapatkan keluhan karena hanya memiliki satu montir saja.

Bagi pemilik bengkel yang juga seorang mekanik tidak akan ada masalah, karena bila terjadi antrian pemilik juga bisa langsung turun tangan, Namun bagi pengusaha yang hanya mengandalkan tenaga mekanik, tentu jadi masalah besar. Maka, kemampuan memanage sumber daya manusia (SDM) diperlukan. Teknik sederhananya adalah

•    Beri mekanik gaji yang layak agar dia tidak pindah kebengkel lain.
•    Pekerjakan lebih dari satu montir untuk menghindari antrian service yang terlalu lama.
•    Berikan pelatihan pada montir, agar keahlian dan pengetahuannya terus bertambah.


2.    Keuangan
Kalian juga harus pandai memanage keuangan bengkel. Pisahkan keuangan usaha dengan keuangan pribadi, namun juga sisihkan sedikituag untuk biaya tak terduga dan jangan dicampur aduk. Kesalahan dalam mengelola keuangan bisa berakibat fatal. Ini berlaku buat bisnisman apa saja, bukan hanya pengusaha bengkel. Tidak perlu dijelaskan dampak buruknya, semua orang pasti tahu. Banyak contoh pengusaha bangkrut gara-gara tersandung masalah kredit macet. Logikanya, bagaimana bisa nyicil angsuran kalau peruntukannya bukan pada tempatnya. Cara berbisnis paling aman sih pakai modal sendiri buat pengembangan usaha.

3.    Marketing
Bisnis bengkel memang kebanyakan bersifat lokal, jadi untuk melakukan prmosi tidak akan terlalu sulit. Kalian tidak perlu pmosi besar besaran untuk mencari pelanggan, karena kunci sukses bengkel adalah kepuasan pelanggan. Tapi tidak ada salahnya kalo kita mau berpromosi guna menambah omzet bengkel, salah satu cara promosi adalah dengan membangun sistem bengkel online. kita tahu banyak pengguna kendaraan yang malas kalo harus menunggu lama saat kendaraannya diperbaiki atau diservice. Dengan Aplikasi Bengkel Online, pemiliki kendaraan bisa menservice atau memperbaiki kendaraannya langsung dirumah, Montir yang akan datang. Kalo promosi ini dilakukan maka di jamin pelanggan bengkel akan terus bertambah dan omzetpun akan ikut bertambah.

Nah itulah cara memasarkan bisnis bengkel yang efektif mampu menarik minat konsumen. Kata lain, cara membuat nama bengkel servis jadi terkenal. Berkendaralah dengan nyaman dan aman teman. Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar