Breaking

Sabtu, 25 Mei 2019

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Oli Motor?

Motor sudah menjadi bagian kehidupan kita sehari-hari sebagai alat mobilitas yang efektif dan efisien. Untuk bisa menjaga kinerja motor, maka kita harus memperhatikan setiap bagiannya dengan baik, termasuk oli. Ganti oli motor diperlukan untuk tetap menjaga kinerja motor dengan baik.  


Ganti Oli Motor

Mengapa Oli Motor Perlu Diganti?
Setiap pemilik motor harus tahu kapan oli motor harus diganti. Menjaga kinerja motor agar dapat berfungsi dengan baik sangat penting untuk dilakukan. Salah satunya adalah melakukan perawatan dengan tepat, yaitu mengganti oli. 

Mengganti oli dapat menjaga kinerja setiap komponen motor agar tidak cepat rusak. Apabila oli motor tidak segera diganti, bisa merusak komponen motor yang lain sehingga bisa menyebabkan motor mogok. 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Oli?
Biasanya, aturan pemakaian dan penggantian oli sudah dijelaskan dalam petunjuk pemakaiannya, yaitu 1500-4000 km. Jarak tempuh menjadi patokan bagi kita untuk bisa menentukan kapan waktu yang tepat mengganti oli motor. 

Jika jarak tempuh 20-50 km per hari, disarankan untuk mengganti oli setiap 1,5 bulan. Berbeda jika penggunaannya lebih dari 50km per hari, maka ganti oli disarankan sebulan sekali. Apabila jarak termpuhnya mencapai 200 km per hari, Anda bisa mengganti oli setiap dua minggu sekali. 

Aturan Takaran dalam Penggantian Oli
Dalam mengganti oli, kita tidak boleh sembarangan dalam menentukan takarannya. Untuk ganti oli periodik, Anda bisa mengikuti takaran volume yang ada di crankcase sebelah kanan dan biasanya tertulis 700-800ml. 

Berbeda jika Anda hendak melakukan ganti total karena turun mesin. Volume oli di bak karter akan dikuras habis dan kemudian diisi secara maksimum untuk isi baru. Takarannya juga disesuaikan dengan buku panduan motor. 

Mengganti Oli di Rumah
Sebagian besar orang akan membawa motor ke dealer atau bengkel untuk ganti oli. Padahal, cara ganti oli cukup mudah dilakukan sendiri di rumah dengan alat-alat yang sederhana. Pastikan jika Anda mengetahui caranya dengan tepat agar tidak merusak komponen motor yang lain. 

Oli memiliki peran penting dalam kinerja motor yang tetap terjaga. Semakin lama, oli akan berkurang dan bisa sampai habis. Oleh karena itu, Anda harus segera melakukan ganti oli motor dengan waktu yang tepat sesuai kebutuhan motor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar