Breaking

Rabu, 11 Desember 2019

Cara Kerja Pembangkit Listrik Yang Harus Diketahui

Pembangkit Listrik Sewatama

Generator merupakan bagian terpenting dari peralatan industri yang seringkali digunakan dalam membangkitkan sekaligus memproduksi tenaga listrik yang berasal dari berbagai sumber, misalnya seperti PLTN, PLTA, pltsa, PLTG, PLTB, PLTU, PLTS maupun yang lainnya. Penting untuk diperhatikan bahwa sewa pembangkit listrik memiliki bagian utama yang tidak kalah pentingnya yaitu pada bagian generator.
 
Bagian generator merupakan bagian mesin yang berputar untuk mengubah energi mekanis supaya menjadi energi listrik dengan cara menggunakan prinsip medan magnet maupun penghantar listrik. Untuk mesin generator ini nantinya akan diaktifkan dengan cara menggunakan berbagai jenis sumber energi yang nantinya akan berguna pada suatu pembangkit listrik.
 
Sementara untuk sistem kerja yang dimilikinya tentu juga perlu Anda perhatikan supaya pasokan energi listrik dapat berjalan dengan baik. Untuk memudahkan Anda supaya bisa mengetahui mengenai sistem kerja atau cara kerja dari pembangkit listrik yaitu seperti berikut ini:
 
●    Ketika turbin akan memutar bagian rotornya maka akan menghasilkan energi listrik.
 
●    Untuk listrik yang nantinya dihasilkan akan dinaikkan terlebih dahulu voltasenya supaya bisa menjadi 150 KV sampai dengan 500 KV. Caranya yaitu dengan melalui trafo step up.
 
●    Untuk menaikkan tegangan ini memiliki fungsi supaya dapat mengurangi adanya kerugian yang disebabkan karena bagian kawat penghantar selama proses transmisi berlangsung. Jika tegangan ekstra tinggi maka untuk arus yang akan mengalir di bagian kawat penghantar juga akan menjadi kecil.
 
●    Apabila tegangan telah dinaikkan maka langkah selanjutnya yaitu ditransmisikan dengan cara melalui SUTET atau Jaringan Saluran Udara Ekstra Tinggi menuju ke Gardu Induk/GI supaya tegangan voltase nya bisa lebih menurun ke tengah yaitu 20 Kv.
 
●    Apabila tegangan sudah menengah maka akan disalurkan dengan cara melalui jaringan tegangan menengah menuju trafo trafo distribusi.
 
●    Ketika di trafo distribusi tersebut voltasenya akan diturunkan kembali menjadi 220 volt dan dari trafo distribusi disalurkan dari jaringan tegangan rendah menuju ke pelanggan listrik.
 
Itulah cara kerja yang bisa Anda ketahui dari sebuah pembangkit listrik. Jika sekiranya Anda mengalami permasalahan yang berhubungan dengan instalasi listrik, maka Anda tidak perlu khawatir karena bisa mengandalkannya ke Sewatama dengan mencari informasi lengkapnya melalui https://sewatama.com/id/.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar