Breaking

Selasa, 17 Desember 2019

Kenali Luka Bakar Pada Kulit

Obat Luka Bakar

Obat luka bakar goapotik merupakan solusi utama yang bisa diberikan untuk mencegah luka menjadi lebih parah dan mencegah iritasi kulit. Luka bakar sendiri disebabkan oleh berbagai hal, bisa saja seperti terkena knalpot, minyak panas, air panas, sengatan listrik, bahan kimiawi dan sebagainya. Umumnya luka bakar memiliki tahapan dan jenisnya yang berbeda-beda.

Jenis-Jenis Luka Bakar


Luka bakar juga tidak hanya disebabkan dari kecerobohan seseorang, karena bisa saja terjadi akibat gejala atau reaksi obat tertentu. Dalam dunia medis, luka bakar yang terjadi mempunyai tingkatannya sendiri yang dapat dibedakan atau dikenali, sehingga dapat mengobatinya sesuai dengan tingkatannya. Adapun jenis-jenis luka  tersebut adalah sebagai berikut ini.

1.    Tingkat Satu

Pada luka dengan tingkatan satu adalah jenis luka bakar yang sangat ringan dan tidak menimbulkan kerusakan berlebih pada kulit. Biasanya Anda akan merasakan kulit yang terasa panas dan memerah, ada juga yang hingga mengalami kulit bengkak. Hal ini karena kulit epidermis atau lapisan teratas Anda terluka, umumnya luka ini biasanya disebabkan ketika Anda bersentuhan dengan knalpot.

Jika panas yang mengenai tubuh Anda tidak begitu panas maka Anda akan mendapati luka bakar tingkat satu atau yang disebut juga sebagai luka ringan. Luka jenis ini sangat mudah untuk disembuhkan, namun tetap membutuhkan perawatan yang baik dan benar agar tidak parah. Kulit yang membengkak akibat kondisi ini, bisa terjadi pada penderita pilek akibat rhinitis alergi.

2.    Luka Tingkat Dua

Pada kondisi ini biasanya Anda akan merasakan panas yang cukup di atas tingkat satu, sehingga panasnya dapat menembus lapisan kulit di bawah epidermis. Sehingga Anda akan merasakan rasa sakit dan juga panas yang bisa mengakibatkan kulit membengkak dan melepuh.  Kondisi lain bisa juga timbul gelembung kulit berisi cairan, sebaiknya jangan memencet gelembung.

3.    Tingkat Tiga

Tingkat tiga pada luka bakar dapat disebut jika luka sudah merusak dan mencapai seluruh lapisan kulit Anda. Luka seperti ini biasanya sudah merusak jaringan kulit Anda dan sangat parah, sehingga perawatan alami saja tidak cukup. Anda akan merasakan nyeri serta panas, tidak sedikit yang mengalami kulit menjadi gosong, dan juga kering karena hangus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar