Breaking

Rabu, 18 Desember 2019

Ketahui Cara membersihkan Karang Gigi untuk Meminimalisir Masalah Mulut

Cara Membersihkan Karang Gigi

Karang gigi kerap kali membuat seseorang tidak percaya diri ketika bicara dengan orang lain. Hal ini karena seolah-olah kamu tidak pernah menyikat gigi, padahal bisa saja sudah rutin merawat gigi tetapi plak masih saja datang. Penyebab utama karang gigi memang berasal dari sisa makanan yang menjadi plak, dan akhirnya mengeras lalu membentuk karang gigi. Namun, beberapa orang dengan produksi kelenjar ludah berlebihan juga bisa saja memiliki karang gigi padahal rutin menyikat gigi. Apabila mengalami masalah seperti itu, sebaiknya tahu bagaimana cara membersihkan karang gigi yang tepat.
 
Dua Cara Membersihkan Karang Gigi yang Direkomendasikan
Mencegah karang gigi paling mudah adalah dengan menggosok gigi secara teratur tiap hari, terutama sebelum tidur. Namun, jika sudah terlanjur memiliki karang gigi, ada cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkannya, yaitu dengan pergi ke klinik dokter gigi.
Ada baiknya kamu tidak mencoba menggunakan bahan-bahan tertentu yang merusak gigi, hindari penggunaan baking soda atau sesuatu yang asam untuk gigi, karena bisa saja membuat gigi copot atau keropos. Cara terbaik menghilangkan karang gigi adalah dengan penanganan oleh dokter ahli.
 
Dua cara yang biasanya digunakan oleh dokter adalah:
 
1.    Teknik pembersihan karang gigi manual
Dokter akan membersihkan gigimu dengan peralatan manual. Cara ini biasanya dapat membuat gigi bersih bahkan sampai di bawah gusi. Hanya saja, karena peralatannya manual, pengerjaannya pun cukup lama.

2.    Scaling gigi
Cara yang lain adalah dengan melakukan scaling, yaitu pembersihan karang gigi dengan mesin ultrasonic. Prosesnya sangat cepat, tetapi kadang permukaan gigi jadi terasa agak kasar daripada biasanya.
 
Untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan mencegah timbulnya kembali karang gigi, ada baiknya kamu selalu mengecek kondisi gigi ke dokter sekitar 6 bulan sekali. Selain scaling, kamu juga dapat melakukan perawatan lain seperti menambal gigi yang berlubang, mencabut gigi, dan pemeriksaan lainnya.
 
Masalah yang Ditimbulkan Akibat Karang Gigi
Meskipun karang gigi tidak menimbulkan perasaan nyeri atau ketidaknyamanan dalam mulut, tetapi jika dibiarkan kamu bisa mengalami beberapa masalah mulut dan gigi.
 
Karang gigi dapat meningkatkan risiko kamu mengalami radang gusi, atau yang disebut juga sebagai gingivitis. Radang ini membuat gusimu bengkak dan mengalami perdarahan. Jika dibiarkan, kamu bisa mengalami masalah gusi yang makin parah.
 
Selain gingivitis, kamu juga bisa terkena periodontitis yaitu peradangan pada gusi yang menjalar ke tulang dan jaringan penyangga gigi. Akibatnya, gigimu bisa mudah lepas karena tidak ada yang menahannya. Terlebih, karang gigi adalah sarang bakteri, yang memungkinkan mulut menjadi bau dan bahkan bisa meningkatkan risiko seseorang terkena sakit jantung.
 
Oleh sebab itu, ada baiknya kamu segera menangani masalah karang gigi ini ke klinik gigi terdekat supaya gigimu kembali bersih dan sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar