Breaking

Rabu, 04 Desember 2019

Tips Berhemat Dengan Kartu Kredit

Tips Berhemat
 
Banyak masyarakat khususnya yang ada di Indonesia yang berpendapat kalo mempunyai kartu kredit bisa membuat orang bisa membuat orang menjadi boros, padahal anggapan itu tidak sepenuhnya benar karena sudah banyak Tips berhemat yang bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit.
 
Menggunakan kartu kredit jika dilakukan dengan perencanaan yang benar nyatanya bisa membuat penggunanya mendapatkan banyak keuntungan. Selain memberi keuntungan finansial, seperti promosi dan potongan harga, penggunaan kartu kredit juga dapat memberikan gambaran keuangan Anda di mata perbankan.
 
Agar bisa lebih hemat, ada beberapa tips yang harus dilakukan saat belanja, mulai dari :
 
1.    Gunakan sebagai alat pembayaran, bukan alat utang
Walau kartumu memiliki limit transaksi sampai ratusan juta rupiah, tapi ingat itu bukan uangmu. Tanpa kendali diri, berbelanja dengan uang “orang” cuma bikin kamu terlilit utang. Tanamkan di benakmu kalau kartu ini adalah alat pembayaran, bukan alat utang. Pemikiran seperti ini bikin kamu gak bakal membeli sesuatu di luar batas kemampuanmu. Artinya, saat kamu pengin membeli barang dengan kartu ini, pastikan kamu telah memiliki uang buat membayarnya.

2.    Manfaatkan diskon, promo, dan cashback
Gak sedikit merchant yang menjalin kerja sama dengan kartu kredit. Nah, biasanya mereka juga menawarkan berbagai promo melalui diskon hingga cashback dengan transaksi menggunakan kartu tersebut. Sebelum membeli sesuatu, coba cek dulu tempat yang menawarkan promo sesuai kartumu. Satu hal yang perlu diingat, gunakan mindset “cari promo sesuai kebutuhan”, bukan sebaliknya. Artinya, bukan menggunakan tiap promo yang ada, tapi gunakan promo cuma buat hal yang emang sedang dibutuhkan.

3.    Hindari penggunaan tarik tunai
Fitur tarik tunai yang disediakan penerbit kartu memungkinkan kamu tarik dana tunai layaknya kartu debit. Walau tampak mudah dan praktis, tapi transasksi tarik tunai bisa jadi sumber masalah keuanganmu di masa depan. Tarik tunai melalui kartu ini sama halnya dengan meminjam pada bank alias utang. Rata-rata bunga pinjaman ini gak bisa dibilang kecil. Kisaran bunga yang diberikan sebesar 2,25 persen per bulan atau bisa lebih tinggi dari itu. Gak cuma bunga, bank juga mengenakan biaya khusus sekitar empat sampai lima persen dari total uang yang kamu tarik. Kalau emang ada kebutuhan mendesak, cari alternatif pinjaman bank lain selain fitur tarik tunai ini. Tapi, jika terpaksa menggunakan fitur ini, simulasikan dulu biaya yang perlu kamu sediakan ya.
 
Namun sayangnya untuk bisa mendapatkan kartu kredit tidaklah mudah pasalnya tidak semua orang bisa meng-Apply kartu kredit, untuk mendapatkan kartu kredit kamu bisa melakukan beberapa Tips Apply Kartu Kredit berikut ini.
 
1.    Pekerjaan yang memenuhi standar
Bank memiliki standar khusus bagi para karyawan, di mana pada umumnya bank akan lebih mudah menyetujui kartu kredit yang diajukan oleh para karyawan yang bekerja di perusahaan besar/bonafit. Namun, bukan berarti bank tidak menyetujui pengajuan yang berasal dari karyawan perusahaan yang kecil.

2.    Tempat Tinggal yang Sesuai
Sebaiknya Anda mengajukan kartu kredit di tempat/wilayah yang sesuai dengan KTP Anda, sehingga bank akan lebih percaya dan mudah menemukan alamat tempat tinggal Anda. Hal ini akan menjadi poin penting bagi bank, karena mereka merasa lebih mudah menemukan keberadaan Anda jika sewaktu-waktu Anda bermasalah dengan kartu kredit yang Anda ajukan.
 
Dengan memperhatikan beberapa poin di atas pada saat akan mengajukan kartu kredit, maka Anda akan memiliki harapan untuk bisa mendapatkan sebuah kartu kredit dengan segera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar